Penggemarku

Jumat, 21 Februari 2020

Sekolah Kuttab Tarbawi Payakumbuh, Menyatukan Value dan Knowledge

Pada hakikatnya pendidikan itu ada 2 hal yang harus ditanamkan pada peserta didik. Transfer of knowledge dan transfer of value.
Transfer of knowledge yaitu bagaimana seorang guru bisa memberikan pembelajaran kepada peserta didik dengan ilmu pengetahuan dalam berbagai bidang baik itu ilmu membaca, berhitung, menggambar dan kemampuan kognitif lainnya.
Namun jauh dari itu seorang guru juga mampu memberikan atau melaksanakan transfer of knowledge kepada anak didiknya di sekolah. Transfer of value yaitu bagaimana seorang pendidik bisa menanamkan nilai kepada anak didik sebagai generasi bangsa Indonesia ke depan.
Nilai yang dimaksud bisa nilai keagamaan sosial kemasyarakatan, budaya dan lainnya.
Nilai keagamaan yaitu bagaimana seorang peserta didik bisa menjadi seorang yang senang dan mampu menjalankan ajaran agama dan berperilaku sesuai dengan perintah agama, seperti shalat, membaca Al Qur'an, sholat Sunnah dan ibadah lainnya. Apabila seorang anak telah memiliki jiwa yang bersih dengan ibadah dan akhlak yang baik maka untuk menerima pelajaran yang umum akan mudah mereka cerna dan pahami.
Selain itu bagaimana seorang guru mampu menjadikan peserta didik yang beradab,  akhlak yang baik baik kepada guru dan juga adab sesama teman. Bagaimana jadinya jika seorang itu pintar secara knowledge tapi mereka kurang bahkan jauh dari nilai moral?
Untuk itu sekolah Kuttab Tarbawi Payakumbuh, tepatnya di kelurahan Tanjung Pauh  Payakumbuh Barat, terus berupaya untuk menyeimbangkan antara 2 kebutuhan ini, yaitu mengacu kepada bagaimana santri yang berakhlak dan santri yang cerdas.
Berbagai upaya dilakukan oleh sekolah Kuttab Tarbawi untuk mencapai visi sekolahnya, yaitu dengan memadukan pembelajaran agama dan pembelajaran umum.
Salah satu program unggulan dari Kuttab Tarbawi adalah Tahfidz Qur'an yaitu bagaimana santri bisa menghafal Al Qur'an dan menjadi kan santri yang hafal Al Quran jauh dari itu santri yang mampu mengamalkan isi Al Qur'an.
Di sekolah ini juga ada  bahasan pokok keagamaan untuk  menunjang spritual santri yaitu akidah, ibadah, iman, akhlak, dan bahasa arab.
Namun disamping itu sekolah Kuttab Tarbawi juga menjadikan santri yang cerdas yaitu dengan mengajarkan pembelajaran umum kepada santri seperti bahasa Indonesia, matematika, pengetahuan alam, pengetahuan sosial, wawasan kebangsaan, olahraga dan pembelajaran penunjang lainnya.
Dalam hal ini sebagai sekolah yang masih tergolong muda Kuttab Tarbawi mencoba untuk selalu maju sehingga mencapai visi yang telah di cita-citakan. Selaku pihak sekolah kami juga mengharapkan kerja sama kita bersama baik yayasan, ustadz dan ustadzah serta tak kalah penting yaitu wali santri kuttab Tarbawi.

1 komentar:

  1. Masya Allah....semoga Sekolah Kuttab Tarbawi mampu melahirkan generasi yang menjadi mata rantai kejayaan Islam dimasa yang akan datang
    Barakallahu Fikum

    BalasHapus

Sekolah Kuttab Tarbawi Payakumbuh, Menyatukan Value dan Knowledge

Pada hakikatnya pendidikan itu ada 2 hal yang harus ditanamkan pada peserta didik. Transfer of knowledge dan transfer of value. Transfer ...