Penggemarku

Kamis, 09 November 2017

Adil , Ridha dan Amal Saleh



Mapel              : Pendidikan Agama Islam
Materi              :Adil , Ridha dan Amal Saleh
Kelas               : XII
Guru                : Yusnelly M. S.Ag
  Muhammad Zaky
Adil menurut bahasa adalah menempatkan sesuatu pada tempat yang semestinya.
Menurut istilah adalah suatu keputusan atau tindakan yang tidak memihak dan dapat memberikan kepuasan bathin bagi pihak lain.
Lawan kata = Zalim ( Aniaya )
QS. Al-Maidah : 8
Description: C:\Users\ASUS\AppData\Local\Microsoft\Windows\INetCache\Content.Word\images-31.jpeg
Wahai orang-orang yang beriman, jadilah kamu sebagai penegak keadilan karena Allah ketika menjadi saksi dengan adil. Dan janganlah kebencian terhadap suatu kaum, mendorong kamu untuk berlaku tidak adil. Berlaku adillah, karena adil itu lebih dekat dengan takwa. Dan bertakwalah kepada Allah, sungguh Allah Mahateliti apa yang kamu kerjakan.
Pembagian Adil :
1.      Adil terhadap Diri Sendiri
Artinya :
Memberikan hak bagi tubuh sendiri seperti makan, minum, tenaga dll.
“ dan janganlah kamu jatuhkan (diri sendiri) ke dalam kebinasaan dengan tangan sendiri, dan berbuat baiklah. Sungguh, Allah menyukai orang-orang yang berbuat baik” ( QS. Al-Baqarah : 195 )
2.      Adil terhadap sesama Makhluk Allah
Bersikap  adil tidak memandang bulu, terhadap siapa, kapan, dan dimanapundan selalu menjunjung tinggi nilai-nilai keadilan, sehingga hidup terasa damai dan indah.
 “ sesungguhnya Allah menyuruh kamu berlaku adil dan berbuat kebajikan, memberi bantuan kepada kerabat, dan Dia (melakukan) perbuatan keji, kemungkaran dan permusuhan. Dia memberi pengajaran kepadamu agar kamu dapat mengambil pelajaran” (QS. An-Nahl:90 )
3.      Adil Terhadap Allah SWT
Maknanya adalah menjalankan segala perintah Allah dan meninggalkan larangan Allah. Adil terhadap Allah menguntungkan diri sendiri, semakin adil seseorang terhadap Allah maka Allah akan makin cinta dan sayang kepada kita dan menambah nikmatnya.
        “dan ingatlah ketika Tuhanmu memaklumkan, Sesungguhnya jika kamu bersyukur, niscaya Aku akan menambah (nikmat) kepadamu, tetapi jika kamu mengingkari(nikmat-Ku), maka pasti azab-Ku sangat pedih (QS. Ibrahim : 7 )
Contoh perilaku adil :
  1. Tidak pilih kasih dalam mata pelajaran
  2. Mencintai lingkungan
  3. Olahraga, makan, dan minum
  4. Tidak mencontek saat ujian
  5. Adil dalam segi hukum

Membiasakan sikap Adil dalam kehidupan sehari-hari
  Yakin bahwa adil adalah perintah Allah
  Tanamkan sikap kasih sayang kepada Allah dan sesama makhluk
  Hindari perilaku sombong dan angkuh
  Bersikap tawadhu’ dan rendah hati
Ridha
Ridha artinya rela menerima dan mengerjakan sesuatu, tanpa ada perasaan terpaksa dan terbebani.Ridha terhadap takdir Allah maksudnya selalu bersyukur kepada-Nya jika menerima dakdir baik berupa kenikmatan , dan senantias bersabar jika menerima takdir buruk berupa musibah.
Dalam kehidupan ini kita dihadapkan pada dua kemungkinan yaitu kebahagian dan menderita. Oleh sebab itu kita harus bisa menerima dengan lapang hati dan tidak berputus asa dalam rahmat Allah, orang yang tidak menerima takdir Allah maka orang itu sangat dibenci oleh Allah. Kadar seorang hamba dilihat dari bagaimana ia menyikapi takdir Allah
Membiasakan diri perilaku Ridha
  Keimanan yang kuat dalam hati
  Yakin bahwa musibah atau bencana itu adalah rencana Allah
  Allah tidak memberikan cobaan diluar kemampuan hamba
  Tidak mengharapkan imbalan apabila memberi

Amal saleh
Amal artinya perbuatan dan saleh artinya baik. Amal saleh artinya perbuatan yang mendatangkan manfaat bagi pelakunya dan orang lain, tidak bertentang dengan ajaran agama dan negara / hukum yang berlaku.
Orang yang kuat keimanannya maka akan senantiasa terdorong untuk melakukan amal saleh. Dan setiap umat muslim diwajibkan untuk melakukan amal saleh.
QS. Al-Mu’minun: 40
Description: C:\Users\ASUS\AppData\Local\Microsoft\Windows\INetCache\Content.Word\images-6.png


Barangsiapa yng mengerjakan suatu perbuatan jahat, maka dia akan dibalas dengan kejahatan itu. Dan barangsiapa mengerjakan kebajikan, baik laki-laki maupun perempuan sedangkan dia  dalam keadaan beriman, maka mereka akan masuk surga, mereka diberi rizki didalamnyaa tidak terhingga.”
Contoh Perilaku Amal Saleh
  Melaksanakan perintah Allah seperti shalat, zakat dll
  Tolong-menolong, membangun mesjid, gotong royong
  Infak, sadakah dan menyumbangkan dana
Membiasakan perilaku amal soleh
  Tanamkan keimanan dan tidak berbuat maksiat.
  Ikhlas dalam melakukan kegiatan
  Perbanyak bergaul dengan orang-orang saleh








Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Sekolah Kuttab Tarbawi Payakumbuh, Menyatukan Value dan Knowledge

Pada hakikatnya pendidikan itu ada 2 hal yang harus ditanamkan pada peserta didik. Transfer of knowledge dan transfer of value. Transfer ...